PANDANGAN HAMKA TENTANG PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Ruminda Hutagalung Pendidikan Agama Islam, STIT Hasiba Barus, Indonesia Author
  • Yuri Indri Yani Pendidikan Agama Islam, STIT Hasiba Barus, Indonesia Author
  • Muhammad Iqbal Pendidikan Agama Islam, STIT Hasiba Barus, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.63911/gmz7yw29

Keywords:

Hamka, pendidik, pendidikan Islam, akhlak, keteladanan, spiritualitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pandangan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) tentang peran dan karakter pendidik dalam pendidikan Islam. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, penelitian ini menelaah karya-karya utama Hamka seperti Tafsir Al-Azhar, Falsafah Hidup, dan Pribadi sebagai sumber primer, serta literatur sekunder dari berbagai referensi kependidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hamka memandang pendidik sebagai sosok multidimensional yang tidak hanya berperan sebagai penyampai ilmu, tetapi juga sebagai pembimbing spiritual, pembentuk akhlak, dan teladan dalam kehidupan. Ia menekankan pentingnya keteladanan, keikhlasan, dan keterbukaan terhadap perubahan zaman dalam diri pendidik. Selain itu, hubungan yang humanis antara pendidik dan peserta didik menjadi aspek penting dalam proses pendidikan. Pemikiran Hamka mencerminkan paradigma pendidikan Islam yang holistik, yang menyeimbangkan antara aspek intelektual, moral, dan spiritual. Oleh karena itu, pandangan Hamka tetap relevan dalam menjawab tantangan pendidikan Islam kontemporer, terutama dalam membentuk pendidik yang berintegritas dan berorientasi pada nilai-nilai ilahiyah.

Downloads

Published

2025-05-17

How to Cite

PANDANGAN HAMKA TENTANG PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM. (2025). Al-Muhajirin: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.63911/gmz7yw29

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.