PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA METERI TUBUH DAN PANCA INDRA UNTUK SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SELONG
Keywords:
Pembelajaran Tematik, Modul PembelajaranAbstract
Proses belajar mengajar sering dipraktekan guru ketika mengajar sangat kaku. pendidik sebagai pusat materi yang menyediakan materi-materi yang membosankan bagi siswa. Banyak dari pendidik hanya memberikan modul yang sudah disediakan pemerintahan. Buku yang disediakan oleh pemerintahan materinya sempit untuk membuat peserta didik berfikir secara kritis dalam menumkan gagasan dari materi yang disajikan, sehingga kita sebagai guru perlu adanya pengembangan modul bagi siswa sekolah dasar. Pengembangan modul ini bertujuan agar siswa yang selama ini diam, duduk dan mendengar bisa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga gagasan yang ada pada masing-masing siswa tersebut terbuka. Modul ini di desain untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disajkikan oleh guru. Tahapan dalam modul terdiri dari 5 tahapan. Pada tahapan validasi materi, desain dan bahasa hanay perlu revisi yang kecil, sehingga bisa dikategorikan valid. Sedangkan pada praktikalitas dikategorikan sangat praktis tidak perlu revisi. Hasil dari pengembangan modul ini salah satunya adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik ini dapat dilihat dari soal yang diberikan. Skor dari pengembangan modul ini berupa kuantitatif 86 dari total 24 siswa, dengan persentase 89% atau 23 siswa dinyatakan berhasil dalam proses belajar.