Peranan Media Sosial dan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Sopan Anak di Usia Sekolah Dasar Mis Nurul Falah Sibolga

Authors

  • Sabarita Br Tarigan Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Author
  • Astri Nanda Putri STIT Hasiba Barus Author

DOI:

https://doi.org/10.63911/k2ybc026

Keywords:

Karakter sopan, Keluarga, Media sosial, Anak usia sekolah dasar, Pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peranan media sosial dan keluarga dalam pengembangan karakter sopan anak di usia sekolah dasar, khususnya di MIS Nurul Falah Sibolga. Karakter sopan merupakan bagian penting dari pendidikan moral yang perlu dibentuk sejak dini melalui lingkungan terdekat anak. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memiliki peran utama dalam pembentukan karakter sopan melalui pola asuh, keteladanan, dan pembiasaan nilai-nilai sopan santun dalam kehidupan sehari-hari. Sementara itu, media sosial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku anak; tanpa pengawasan, media sosial cenderung memperlemah nilai-nilai sopan santun, namun dengan pendampingan yang tepat, media sosial juga dapat menjadi sarana pembelajaran nilai positif. Sekolah berperan sebagai penguat nilai dengan program pembinaan karakter yang dilakukan melalui kegiatan keagamaan dan pembiasaan harian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan karakter sopan pada anak memerlukan sinergi antara keluarga, sekolah, dan pendampingan terhadap penggunaan media sosial.

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Peranan Media Sosial dan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Sopan Anak di Usia Sekolah Dasar Mis Nurul Falah Sibolga. (2025). Al-Anshor: Jurnal Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.63911/k2ybc026